IJTI Kaltim Gelar Uji Kompetensi, Amir : Meningkatkan Kualitas Setiap Insan Pertelevisian

10 Views

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Timur menggelar Workshop dan Rakerda serta Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJTV) Angkatan I di Hotel Aston Samarinda, Jum’at (27/12/2019).

Dalam sambutannya, Ketua IJTI Kaltim Amir Hamzah mengatakan, UKJTV ini di luar prediksinya karena beberapa kali sempat tertunda.

“Tujuan kami menggelar acara ini yang pertama adalah untuk meningkatkan kualitas setiap insan Pertelevisian di Kalimantan Timur agar memiliki kompetensi,” kata Amir dalam sambutannya sebelum pembukaan.

Ia berharap kegiatan yang digelar ini bukan yang pertama dan terakhir, tetapi harus ada lagi kegiatan serupa agar seluruh Wartawan Televisi di Kalimantan Timur memiliki kompetensi sebelum Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Ketua IJTI Pusat yang diwakili Ketua Bidang Organisasi Herik Kurniawan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada IJTI Kaltim, yang dinilainya termasuk paling aktif memberikan laporannya.

“Terima kasih kepada rekan-rekan atas kerja kerasnya mewujudkan uji kompetensi ini, karena ini memang adalah hal yang sangat penting untuk kita semua,” kata Herik.

Ia juga mengatakan karya jurnalistik Televisi yang dibuat itu dampaknya luar biasa, bukan hanya ditonton pada waktu tertentu saja. Namun bisa ditonton berkali-kali dengan audio visual.

Terkait dengan citizen journalism, dalam pandangannya Herik mengatakan itu bukan jurnalis tapi hanya laporan warga. Jurnalis itu terkait Pers, terkait dengan aturan main yang memiliki tanggung jawab atas produk jurnalis yang dibuat.

Wakil Gubernur Kaltim dalam amanatnya yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan, sudah saatnya Wartawan Kaltim memiliki kompetensi. Tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki kompetensi, apalagi Kaltim sudah ditunjuk menjadi Ibu Kota Negara.

“IKN sudah di depan kita, dan upaya-upaya strategis dilakukan untuk mewujudkan IKN itu sudah nyata,” kata Diddy.

Usai pembukaan, kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari ini dilanjutkan dengan diskusi bertema Wujudkan Pilkada Damai 2020 Songsong Kaltim Ibu Kota Negara dengan menghadirkan narasumber Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, Ketua Bawaslu Kaltim Dr Saiful dan dari Polda Kaltim. (DK.Com)

Penulis : LVL

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *