Dukung Kaltim Menuju Kaltim Berdaulat, Diskominfo Fasilitasi Pertemuan Kerjasama antara OPD dengan Media Siber Se-Samarinda

28 Views

Warna Kaltim, Samarinda- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim gelar pertemuan guna membahas kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan media siber Se-Samarinda pada Rabu, 22 Januari 2020 lalu.

Tercatat ada sekitar 15 OPD yang tergabung dalam imbauan persetujuan kerjasama. Untuk media siber, hingga kini belum dipastikan seberapa banyak jumlah media yang akan terverifikasi lolos seleksi. Sementara, ada kurang lebih 18 media online yang terhitung.

“Untuk pendaftarannya akan dibuka di awal Februari. Minggu pertama, setelah ditentukan lolos pra pendaftaran maka kami tidak akan membuka pendaftaran ulang lagi,” tutur Didiy Rusdiansyah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Nanti dalam penerapannya, akan di bagi media mana saja yang akan menghandle OPD pemerintahan tersebut, masing-masing akan diberi tugas maksimal meliput dua OPD tiap media.

“Media online saat ini kan banyak yang berkembang, semua orang dapat mengaksesnya di mana saja dengan cepat. Jadi teknologi itu harus dimaksimalkan,” ungkap pria berkacamata itu.

Didiy menyebut, kerjasama yang akan dijalin ini tujuannya agar mempermudah dalam mempublikasikan hasil kerja yang sudah diperoleh pemerintah daerah Kaltim. Khususnya, kinerja yang bersifat peningkatan kualitas dan kuantitas secara massal.

“Kita berbicara mengenai data, saya yakin pak Isran Gubernur itu bisa sepenuhnya mengungkapkan berbicara terang-terangan mengenai data, pasti ada batasannya (yang dijaga). Oleh karena itu, itulah yang menjadi tugas kita untuk membackup itu semua. Data-datanya ada di masing-masing OPD. Dan bisa ditinjau juga ke BPS, misal mengenai pengangguran turun,” paparnya.

Didiy menyimpulkan bahwa harus adanya upaya komunikasi dan keterbukaan informasi dalam menyingkronisasikan penyaluran rilis pun data yang menunjang peningkatan pencapaian daerah Kaltim.

“Ini semua kita diberi amanah untuk membantu menyampaikan keterbukaan informasi kepada publik, agar publik itu tahu bahwa banyak hal yang telah Kaltim peroleh. Hal ini pula membantu mempromosikan Kaltim yang telah menjadi IKN dengan wujud membangun Kaltim berdaulat yang dicita-citakan,” pungkas Didiy.

Didiy pun mengimbau, agar media terkait yang akan membantu mempublikasikan rilis pemberitaan agar tidak terpaku meliput acara yang bersifat seremonial.

Hal ini penting untuk diingat melihat bahwa keutamaan tujuan dari kerjasama ini adalah penunjang kemajuan Kaltim yang telah diperoleh dari tiap-tiap OPD dengan melampirkan data dalam kuantitas pemberitaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *